strongman champions league kompetisi manusia terkuat di bumi

Strongman Champions League Kompetisi Manusia Terkuat Di Bumi

Mungkin tidak banyak orang yang mendengar istilah strongman champions league. Namun, siapa sangka jika kontes yang satu ini sangatlah populer di luar negeri dan telah banyak negara yang turut serta dalam kontes tersebut. Menariknya, beberapa orang telah memenangkan pertandingan tersebut sejak tahun 2008 silam. Hingga kini, kontes tersebut masih terbilang sangat bergengsi di kalangan masyarakat dunia untuk diikuti setiap tahunnya.

Sekilas Tentang Strongman Champions League

Disebutkan bahwa strongman champions league merupakan salah satu kontes manusia terkuat di dunia dengan gelar yang di setiap akhir musim. Hingga kini, untuk peserta kompetisi ini selalu diikuti oleh beberapa atlet ternama yang tidak asing lagi seperti Zydrunas Savickas, Travis Ortmayer, Mikhail Koklyaever dan beberapa nama yang cukup populer lainnya. Keseluruhan pria ini nantinya akan bertanding dalam perihal kekuatan.

Untuk pertama kali, strongman champions league ini didirikan pada tahun 2008 yang lalu. Sedangkan untuk juara yang terakhir disabet oleh seorang atlet yang bernama Dainis Zageris. Termasuk jenis olahraga angkat beban, kompetisi ini bermula atas hubungan erat dengan pihak APPI yang memberanikan diri muncul di hadapan public sebagai olahraga dunia atletik angkat beban. Dalam perjalannya, kontes ini juga melakukan kerjasama dengan pihak Fortissimus.

Di tahun 2012, strongman in champions league mulai memperkenalkan suatu kontes baru yang dalam hal ini mengusung nama besar yaitu Arnold Strongman Classic. Nama tersebut kemudian akan menjadi bagian dari suatu musim tahunan yang dikenal dengan sebutan SCL.

Mengenai Sejarah Strongman Champions League

Pada dasarnya, strongman champions league ini didirikan oleh Ilkka Kinnunen dan juga Marcel Mostert. Dua orang tersebut dikenal sebagai promoter dari manusia terkuat terlama yang telah dikenal dunia secara luas. Pertama kali dikenalkan pada tahun 2008, dua orang ini menggambarkan kontes ini sebagai kontes manusia yang paling kuat.

Dikatakan bahwa strongman di champions league ini akan diselenggarakan di seluruh dunia, namun demikian hingga detik ini kompetisi manusia paling kuat ini kebanyakan diselenggarakan di berbagai negara yang ada di Eropa. Ketika seseorang telah berhasil memenangkan kejuaraan ini, nantinya akan ditandingkan kembali dengan mengusung kejuaraan dunia yang pastinya akan sangat bergengsi karena melibatkan berbagai atlet dari banyak negara.

Sebelumnya, strongman champions league sempat dianggap tidak memiliki keterkaitan dengan IFSA dan hal ini memberikan dampak yang begitu besar atas kondisi keuangan yang semakin memburuk. Beruntung dengan usaha keras yang dilakukan pada tahun 2008 tersebut juga, selain menjadi momen berdirinya kompetisi manusia terkuat, juga dianggap sebagai momen dimana SCL ini telah melahirkan setidaknya 45 atlet dari setidaknya 20 negara yang akan bersaing dengan atlet lain.

Terjalinnya Kerjasama Strongman Champions League dengan Fortissimus

Masih pada tahun yang sama, Paul Ohl mengungkapkan jika strongman di champions league merupakan salah satu organisasi yang sempat membuat kesepakatan bersama dengan Fortissimus atas sebuah komunitas kekuatan dunia bersama beberapa lainnya seperti organisasi Aussipower dan American Strongman Corporation.

Dalam suatu perjanjian tersebut, dikatakan bahwa Fortissimus akan memberikan anugerah sebagai manusia terkuat di planet di tahun 2009 kepada mereka yang telah berhasil memenangkan kontes manusia terkuat di Amerika maupun di Australia. Tentu saja hal ini memberikan angin segar bagi strongman champions league dengan lima atlet terbaiknya untuk berpartisipasi dalam liga yang diadakan oleh Fortissimus tersebut.

Pemenang Strongman Champions League dari Tahun 2008 Hingga 2016

Dalam beberapa kali pertandingan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2008, strongman in champions league telah melahirkan banyak sekali atlet angkat beban dan juga sempat diberikan anugerah sebagai sosok terkuat. Berikut beberapa pemenang dari kompetisi yang diselenggarakan oleh SCL yang perlu diketahui bersama.

  1. Pada tahun 2008 silam kontes ini dimenangkan oleh Zydrunas Savickas yang merupakan seorang pria berasal dari Lituania.
  2. Di tahun 2009, strongman champions league ini dimenangkan oleh sosok lapak303 Andrus Murumets yang berasal dari negara Estonia.
  3. Pada 2010 silam, pertandingan adu kekuatan ini dimenangkan oleh pria berkebangsaan Inggris yang dikenal dengan Terry Hollands.
  4. Di tahun 2011, strongman di champions league ini memberikan penghargaan kepada pria berkewarganegaraan Serbia atas nama Ervin Katona.
  5. Tahun 2012, kompetisi angkat beban ini juga menobatkan pria berkebangsaan Lituania sebagai pemenang atas nama Zydrunas Savickas.
  6. Pada tahun 2013, olahraga angkat beban bergengsi ini juga kembali menganugerahi Krzysztof Radzikowski yang merupakan pria berkewarganegaraan Polandia.
  7. Tahun 2014, Martin Wildauner yang merupakan pria dari Austria juga sempat menorehkan keberhasilan dalam menjuarai kompetisi ini.
  8. Pada tahun 2015, Krysztof Radzikowski berhasil memenangkan kembali strongman champions league.
  9. Tahun 2016 kejuaraan ini dimenangkan oleh pria Latvia atas nama Dinis Zigeris.

Disebutkan bahwa pemenang dari strongman champions league ini akan diberikan anugerah yaitu hadiah dengan total nominal mencapai 350,000 USD. Merupakan nominal yang sangat besar untuk didapatkan, sehingga tidak mengherankan jika banyak atlet terbaik yang turut serta dalam memeriahkan pertandingan ini. Hingga kini, kejuaraan dunia tersebut juga disiarkan di beberapa stasiun televisi dunia untuk dinikmati dari berbagai penjuru dunia.